Cara Membuat Daftar Isi Dengan Menggunakan “Table Of Contents” pada Microsoft Word
Alhamdulillah kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara membuat daftar isi secara otomatis dengan menggunakan “table of contents” di MS Word, kita tidak perlu mengetik lagi daftar isi secara manual. Mungkin kawan-kawan biasanya membuat daftar isi itu dengan mengetik atau di copas kemudian di lihat halamannya. Nah kalau menggunakan table of contents ini tidak perlu begitu lagi, ada caranya agar lebih mudah membuatnya. Bagi kawan-kawan yang suka bikin makalah cara ini cocok untuk diperaktekkan.
1. Langkah pertama
yaitu buat dulu semua isi makalah dalam satu file, jangan dipisah. Mulai dari
cover, kata pengantar, daftar isi, bab i, bab ii, bab iii, dan terakhir daftar
pustaka.
2. Setelah anda
beres membuat semuanya kita perlu membedakan nomor halaman, caranya yaitu:
simpan kursor di kata terakhir pada cover, kemudian kilk page layout ->
breaks -> next page. Lalu lakukan hal yang sama pada daftar isi.
3. Setelah itu
masukkan nomor halaman dengan cara insert -> page number -> pilih posisi
nomor yang anda inginkan.
4. Mungkin
kawan-kawan melihat di cover ada nomor halaman dan nomornya nyambung sampa
akhir, tapi tidak masalah. Lakukan langkah ini, klik dua kali pada nomor
halaman di cover tersebut kemudian akan ada muncul “design”, kemudian klik
“different first page” maka nomor halaman pada cover tidak akan ada. Pada
halaman kata pengantar double kilk lagi nomor halamannya kemudian nanti akan
muncul lagi design lalu klik page number -> format page number. Number
formatnya ganti jadi angka romawi kemudian klik start at “i”. untuk mengubah
nomor halaman pada bab i lakukan hal yang sama tapi number formatnya angka
biasa, klik start at “1”.
5. Setelah itu
ganti blok judul pada kata pengantar klik save seletion as a new quick style
lalu ok. Nanti akan muncul style satu pada kolom huruf diatas. Lalu blok bab i
pendahuluan dan ganti dengan style 1 dengan cara klik langsung style1 yang ada
di atas. Lakukan hal yang sama pada bab ii, bab iii, dan daftar pustaka.
6. Setelah itu
blok sub judul dari bab i misalkan blok “A. Latar Belakang Masalah” lalu save
as a new quick syle lalu save as style 2, ganti semua sub judul dengan style 2.
7. Setelah beres
kembali ke halaman daftar isi, kemudian simpan kursor diakhir kata lalu enter,
lalu pilih references -> klik table of contents -> insert table of
contens -> nanti akan muncul kemudian klik options -> hapus nomor pada
headings 1, 2, 3, -> lihat kebawah dan tulis angka 1 pada style satu dan
angka 2 pada syle 2 lalu ok dan ok. Sedah beres daftar isinya..
8. Jika ada
kata-lata tambahan sehingga nomor halaman berubah langsung saja klik kanan
dibawah daftar isi pilih “update table” klik ok.
Sekian dari
saya terima kasih dan semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan komentar…
Nanti ada
revisi penjelasannya pake gambar, Insyaallah…
Cara Membuat Daftar Isi Dengan Menggunakan “Table Of Contents” pada Microsoft Word
Reviewed by Farhan Aqwamuddin
on
17.19
Rating:

Tidak ada komentar: