Cara Membuat Daftar Isi Dengan Menggunakan “Table Of Contents” pada Microsoft Word


                Alhamdulillah kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara membuat daftar isi secara otomatis dengan menggunakan “table of contents” di MS Word, kita tidak perlu mengetik lagi daftar isi secara manual. Mungkin kawan-kawan biasanya membuat daftar isi itu dengan mengetik atau di copas kemudian di lihat halamannya. Nah kalau menggunakan table of contents ini tidak perlu begitu lagi, ada caranya agar lebih mudah membuatnya. Bagi kawan-kawan yang suka bikin makalah cara ini cocok untuk diperaktekkan.
1.       Langkah pertama yaitu buat dulu semua isi makalah dalam satu file, jangan dipisah. Mulai dari cover, kata pengantar, daftar isi, bab i, bab ii, bab iii, dan terakhir daftar pustaka.
2.       Setelah anda beres membuat semuanya kita perlu membedakan nomor halaman, caranya yaitu: simpan kursor di kata terakhir pada cover, kemudian kilk page layout -> breaks -> next page. Lalu lakukan hal yang sama pada daftar isi.
3.       Setelah itu masukkan nomor halaman dengan cara insert -> page number -> pilih posisi nomor yang anda inginkan.
4.       Mungkin kawan-kawan melihat di cover ada nomor halaman dan nomornya nyambung sampa akhir, tapi tidak masalah. Lakukan langkah ini, klik dua kali pada nomor halaman di cover tersebut kemudian akan ada muncul “design”, kemudian klik “different first page” maka nomor halaman pada cover tidak akan ada. Pada halaman kata pengantar double kilk lagi nomor halamannya kemudian nanti akan muncul lagi design lalu klik page number -> format page number. Number formatnya ganti jadi angka romawi kemudian klik start at “i”. untuk mengubah nomor halaman pada bab i lakukan hal yang sama tapi number formatnya angka biasa, klik start at “1”.
5.       Setelah itu ganti blok judul pada kata pengantar klik save seletion as a new quick style lalu ok. Nanti akan muncul style satu pada kolom huruf diatas. Lalu blok bab i pendahuluan dan ganti dengan style 1 dengan cara klik langsung style1 yang ada di atas. Lakukan hal yang sama pada bab ii, bab iii, dan daftar pustaka.
6.       Setelah itu blok sub judul dari bab i misalkan blok “A. Latar Belakang Masalah” lalu save as a new quick syle lalu save as style 2, ganti semua sub judul dengan style 2.
7.       Setelah beres kembali ke halaman daftar isi, kemudian simpan kursor diakhir kata lalu enter, lalu pilih references -> klik table of contents -> insert table of contens -> nanti akan muncul kemudian klik options -> hapus nomor pada headings 1, 2, 3, -> lihat kebawah dan tulis angka 1 pada style satu dan angka 2 pada syle 2 lalu ok dan ok. Sedah beres daftar isinya..
8.       Jika ada kata-lata tambahan sehingga nomor halaman berubah langsung saja klik kanan dibawah daftar isi pilih “update table” klik ok.

Sekian dari saya terima kasih dan semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan komentar…
Nanti ada revisi penjelasannya pake gambar, Insyaallah…
Cara Membuat Daftar Isi Dengan Menggunakan “Table Of Contents” pada Microsoft Word Cara Membuat Daftar Isi Dengan Menggunakan “Table Of Contents” pada Microsoft Word Reviewed by Farhan Aqwamuddin on 17.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

vehicles

Diberdayakan oleh Blogger.